Maaf saat ini blog kami masih dalam proses perbaikan
cf
sd

Kamis, 26 Januari 2012

Guru SDN 2 Banaran Mengikuti WorkSHOP PEMBELAJARAN TEMATIK

Posted by sdn2banaran | Kamis, 26 Januari 2012 | Category: , |

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru Sekolah Dasar di wilayah kecamatan Gemawang, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan tematik,   UPT Dinpendik Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Penerbit Erlangga menyelenggarakan Workshop pembelajaran Tematik yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni sejak hari Rabu, 25 Januari 2012 hingga Jum'at 27 Januari 2011. Workshop diikuti sekitar 120 peserta, yang berasal dari seluruh Sekolah Dasar di wilayah kecamatan Gemawang, termasuk di dalamnya lima orang guru dari SN 2 Banaran, beserta Bapak Durus Setiyono, S.Pd selaku kepala sekolah.

Meskipun penuh kesederhanaan, kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung yang baru, Bapak Edi Susatyo, memberikan arti tersendiri bagi para peserta workshop. Guyonan segar yang beliau lontarkan saat memberikan sambutan, turut memeriahkan suasana workshop. Juga pembawaan Ibu Dyah Sulistyowati, M.Pd selaku pemateri yang ramah mampu mengusir kejenuhan.

Kami, memandang sangat perlu mengirimkan para guru agar mengikuti workshop tersebut, mengingat pelaksaan pembelajaran dengan pendekatan tematik bagi kelas I s/d kelas III yang diamanahkan KTSP SDN 2 Banaran masih menjadi "barang baru " bagi kami. Dengan mengikuti workshop ini, kami harapkan para guru, khususnya yang mengampu kelas I - III, dapat memperbaiki proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan selama ini, yang hasil akhirnya adalah semakin meningkatnya kualitas pembelajaran di SDN 2 Banaran. Kualitas Pembelajaran disini tentunya bukan hanya nilai UN yang semakin meningkat, tetapi juga terbentuknya pribadi siswa yang berprestasi dan berkarakter.

Selain materi tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan tematik, dalam workshop juga disinggung mengenai pengintegrasian nilai-nilai karakter budaya bangsa dalam pembelajaran. 

Kami ingin berbagi sedikit oleh-oleh yang kami peroleh, RPP pebelajaran tematik yang sudah mengintegrasikan pengembangan karakter. Format dalam RPP ini sedikit berbeda dengan contoh-contoh yang selama ini banyak beredar. Jika dalam contoh yang banyak beredar SK, KD, tujuan pembelajaran, indikator dan langkah-langkah pembelajaran dikelompokkan per-bagian, untuk dilaksanakan selama + tiga minggu, dalam workshop ini disajikan contoh RPP dimana setiap SK, KD, tujuan pembelajaran, indikator dan langkah-langkah pembelajaranjuga evaluasi di sajikan perhari, sehingga memudahkan dalam pelaksanaan. Dalam RPP ini dalam setiap langkah pembelajaran juga dicantumkan dengan jelas karakter yang ingin ditanamkan pada siswa. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan download contoh RPP tersebut DISINI

Dua hal yang sangat ditekankan Dyah Sulistyowati, M.Pd dalam pembelajaran tematik yakni: pertama, bahwa titik berat pembelajaran di kelas bawah Sekolah Dasar adalah untuk pemantapan kemampuan  calistung, jadi dalam setiap pembelajaran ( setiap hari ), kegiatan membaca, menulis, dan berhitung, harus selalu dimunculkan, dan mendapat porsi 50% dari seluruh waktu dalam kegiatan inti. Yang kedua, melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran adalah wajib hukumnya. Yang selama ini masih banyak terjadi adalah guru terlalu bersemangat memberi, sehingga potensi siswa untuk menemukan sendiri kompetensi yang harus dikuasai, kurang tergali.

Demikian catatan kami dalam workshop kemarin, semoga bermanfaat!!!!



Currently have 0 komentar:


Leave a Reply